Senin, 13 Maret 2023

LATIHAN ASESMEN SUMATIF SATUAN PENDIDIKAN (ASSP) | MATEMATIKA WAJIB

SOAL 1

UN MATEMATIKA SMA IPA 2010Bentuk sederhana dari  adalah .....
a.
b.
c.

d.

e.

SOAL 2

UN MATEMATIKA SMA IPA 2010

Nilai dari  adalah .....

a.

b.

c.

d.

e.

SOAL 3

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Penyelesaian adalah .....

a.

b. atau

c.

d. atau

e.


SOAL 4

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Bentuk sederhana adalah .....

a.

b.

c.

d.

e.


SOAL 5

UN MATEMATIKA SMA IPA 2010

Persamaan garis singgung lingkaran  yang sejajar garis adalah .....

a.

b.

c.

d.

e.


SOAL 6

UN MATEMATIKA SMA IPA 2008

Invers dari fungsi dengan  adalah .....

a.

b.

c.

d.

e.


SOAL 7

UN MATEMATIKA IPA 2017

Diketahui fungsi . Jika  dan ,  fungsi  adalah .....

a. 12

b. 24

c. 32

d. 50

e. 96


SOAL 8

UN MATEMATIKA SMA IPA 2011

Akar-akar persamaanadalah dan. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnyadan adalah .....

a.

b.

c.

d.

e.


SOAL 9

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Akar-akar persamaanadalahdan, dengan. Nilaiyang memenuhi adalah .....

a.atau

b.atau 

c.atau

d.atau

e.atau


SOAL 10

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Jika persamaan kuadrattidak meiliki akar real, nilaiyang memenuhi persamaan tersebut adalah .....

a.

b.

c.

d.atau

e.atau

SOAL 11

UN MATEMATIKA SMA IPA 2008

Diketahui persamaan matriks .

Nilai

a.

b.

c.

d.

e.


SOAL 12

UN MATEMATIKA SMA IPA 2008

Diketahu matriksdan. Jikaadalah invers matriks P danadalah invers matriks Q, maka determinan matriksadalah .....

a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 13

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Fahri, Rengga, dan Ilmi menabung di Bank. Jumlah uang tabungan Fahri dan dua kali uang tabungan Rengga Rp.100.000,00 lebih sedikit dari uang tabungan Ilmi. Selisih uang tabungan Rengga dan Fahri adalah Rp50.000,00. Jika jumlah tabungan ketiganya Rp1.500.000,00, uang tabungan Ilmi adalah .....

a. Rp975.000,00

b. Rp950.000,00

c. Rp550.000,00

d. Rp300.000,00

e. Rp250.000,00


SOAL 14

UN MATEMATIKA SMA IPA 2012

Penjahit "Hidah Pantes" akan membuat pakaian wanita dan pria. Untuk membuat pakaian wanita diperlukan bahan bergaris 2 m dan bahan polos 1 m. Untuk membuat pakaian pria diperlukan bahan bergaris 1 m dan bahan polos 2 m. Penjahit hanya memiliki persediaan bahan bergaris dan bahan polos sebanyak 36 m dan 30 m. Jika pakaian wanita dijual dengan harga Rp150.000,00 dan pakaian pria dengan harga Rp100.000,00 maka pendapatan maksimum yang didapat adalah .....

a. Rp2.700.000,00

b. Rp2.900.000,00

c. Rp3.700.000,00

d. Rp3.900.000,00

e. Rp1.100.000,00

  

SOAL 15

UN MATEMATIKA SMA IPA 2011

Suatu perusahaan menghasilkan produk dengan biaya sebesarrupiah. Jika semua hasil produk perusahaan tersebut habis dijual dengan harga Rp5.000,00 untuk satu produknya, maka laba maksimum yang dapat diperoleh perusahaan tersebut adalah .....

a. Rp149.000,00

b. Rp249.000,00

c. Rp391.000,00

d. Rp609.000,00

e. Rp757.000,00


SOAL 16

UN MATEMATIKA SMA IPA 2011

Suku ke-4 dan ke-9 suatu barisan aritmetika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku ke-30 barisan aritmetika tersebut adalah .....

a. 308

b. 318

c. 326

d. 344

e. 354


SOAL 17

UN MATEMATIKA SMA IPA 2013

Sebuah bola dijatuhkan ke lantai dari ketinggian 4 meter dan memantul kembali 3/4 dari ketinggian semula. Panjang lintasan seluruhnya sampai bola berhenti adalah .....

a. 12 meter

b. 16 meter

c. 24 meter

d. 28 meter

e. 32 meter


SOAL 18

UN MATEMATIKA SMA IPA 2009

Sebuah bola jatuh dari ketinggian 20 meter dan memantul kembali dengan ketinggian 4/5 kali tinggi sebelumnya. Pemantulan ini berlangsung terus-menerus. Panjang seluruh lintasan bola adalah .....

a. 64 meter

b. 84 meter

c. 128 meter

d. 180 meter

e. 196 meter

 

SOAL 19

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Nilaiadalah .....

a. 5

b. 4

c. 3

d. 2

e. 1

SOAL 20

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Nilaiadalah .....

a.
b.
c.
d.
e.
 

SOAL 21

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Diketahui grafik fungsiberpotongan dengan garis. Salah-satu persamaan garis singgung yang melalui titik potong kurva dan garis tersebut adalah .....

a.
b.
c.
d.
e.
 

SOAL 22

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Sebuah tabung tanpa tutup yang terbuat dari lempengan tipis dapat memuat air sebanyak. Luas permukaan tabung akan minimum jika jari-jari tabung sama dengan .....

a. 9 cm

b. 8 cm

c. 6 cm

d. 4 cm

e. 3 cm

SOAL 23

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Hasil dari
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 24

UN MATEMATIKA SMA IPA 2013

Hasil dari
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 25

UN MATEMATIKA SMA IPA 2008

Diketahui segitiga MAB dengan AB = 300 cm, sudut MAB = 60ᐤ, dan sudut ABM = 75ᐤ, maka AM = ...

a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 26

UN MATEMATIKA SMA IPA 2009

Diketahuidan, x sudut tumpul dan y sudut lancip. Nilai
a.
b.
c.
d.
e.
 

SOAL 27

UN MATEMATIKA SMA IPA 2011

Himpunan penyelesaian persamaan, denganadalah .....
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 28

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Nilai dari
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 29

UN MATEMATIKA SMA IPA 2012

Pajang rusuk kubus ABCD.EFGH adalah 12 cm. Jika P titik tengah CG, maka jarak titik P dengan garis HB adalah .....

a.cm
b.cm
c.cm
d.cm
e.cm

SOAL 30

UN MATEMATIKA SMA IPA 2009

Diketahui balok ABCD.EFGH dengan panjang AB = 8 cm, BC = 8 cm, dan panjang AE = 16 cm. Jika titik P berada di tengah-tengah EH dan titik Q berada pada rusuk AE sehungga EQ = 1/4 EA. Jikaadalah sudut antara garis PQ dan bidang BDHF, maka besar sudutadalah .....

a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 31

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan rusuk 9 cm. Jika T terletak pada pertengahan garis HE, jarak titik A ke garis CT adalah .....

a.cm
b.cm
c.cm
d.cm
e.cm
 

SOAL 32

UN MATEMATIKA SMA IPA 2008

Volume benda putar yang terbentuk jika daerah yang dibatasi oleh kurva, dengan, dan sumbu X diputar mengelilingi sumbu Y sejauh 360ᐤ adalah ..... satuan volume.
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 33

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Bayangan garisoleh transformasi yang bersesuaian dengan matriksdilanjutkan oleh rotasi pusat O sejauh 180ᐤ adalah .....
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 34

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Persamaan lingkaran dengan pusat di titik (3,2) dan menyinggung garisadalah .....
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 35

UN MATEMATIKA SMA IPA 2017

Salah satu persamaan garis singgung lingkaranyang sejajar garisadalah .....
a.
b.
c.
d.
e.

SOAL 36

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Perhatikan histogram berikut.

Modus dari data pada histogram adalah .....
a. 23,25

b. 23,75

c. 24,00

d. 25,75

e. 26,25


SOAL 37

UN MATEMATIKA SMA IPA 2013

Enam anak A, B, C, D, E, dan F akan berfoto berjajar dalam satu baris. Banyaknya cara berfoto jika B, C, dan D harus selalu berdampingan adalah .....

a. 144

b. 360

c. 720

d. 1.080

e. 2.160


SOAL 38

UN MATEMATIKA SMA IPA 2013

Dari angka 3, 5, 6, 7, dan 9 akan dibuat bilangan yang terdiri atas tiga angka yang berbeda. Banyak bilangan yang lebih dari 400 dan kurang dari 800 adalah .....

a. 36

b. 20

c. 19

d. 18

e. 17


SOAL 39

UN MATEMATIKA SMA IPA 2014

Dua dadu dilempar bersama satu kali. Peluang muncul jumlah kedua mata dadu 4 atau 7 adalah .....

a. 5/36

b. 6/36

c. 7/36

d. 8/36

e. 9/36


SOAL 40

UN MATEMATIKA SMA IPA 2009

Perhatikan tabel berikut.

Nilai

Frekuensi

40 – 49

50 – 59

60 – 69

70 – 79

80 – 89

7

6

10

8

9

Jumlah

40

Nilai kuartil atas (Q3) dari data yang disajikan adalah .....

a. 54,50

b. 60,50

c. 78,25

d. 78,50

e. 78,75

Minggu, 12 Maret 2023

ASESMEN NASIONAL | NUMERASI (LITERASI MATEMATIKA) | LEVEL 1

LEVEL 1 (KELAS 1 & 2)

BILANGAN
Representasi
Indikator 1: Memahami bilangan cacah (maksimal 3 angka).
Contoh:
1. Duta bermain dengan tiga kartu angka, yaitu kartu 6 (hijau), kartu 1 (kuning), dan kartu 2 (merah).
Kartu-kartu tersebut ia susun sehingga terbentuk bilangan tiga angka dengan nilai yang berbeda.
Bilangan terkecil yang terbentuk dari ketiga kartu tersebut adalah .....
a. 216
b. 162
c. 126

2. Duta meletakkan kartu hijau pada tempat ratusan, dan kartu kuning pada tempat satuan. Apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah?
  • Duta menyusun bilangan enam ratus dua puluh satu (BENAR / SALAH)
  • Nilai angka 2 pada bilangan tersebut adalah 20 (BENAR / SALAH)
3. Duta menyusun sebuah bilangan yang dibaca "seratus enam puluh dua". Apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah?
  • Kartu kuning di tempat ratusan, kartu hijau di tempat puluhan (BENAR / SALAH)
  • Kartu merah di tempat ratusan, kartu hijau di tempat puluhan (BENAR / SALAH)
Indikator 2: Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5).
Contoh:

Desi, Putra, Safak, Aris dan Santi pergi ke toko tas. Mereka membeli tas dengan harga yang berbeda-beda. 

Berikut harga tas yang dibeli:

  1. Desi membeli tas seharga Rp246.400,00.
  2. Putra membeli tas seharga Rp56.300,00.
  3. Safak membeli tas seharga Rp125.500,00.
  4. Aris membeli tas seharga Rp75.600,00.
  5. Santi membeli tas seharga Rp279.800,00.
Manakah pernyataan berikut yang benar?
  • Tas Aris seharga tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah
  • Tas Desi seharga dua ratus empat puluh enam ribu empat ratus rupiah
  • Tas Putra seharga lima puluh enam ribu tiga ratus rupiah
Indikator 3: Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan.
Contoh:

Sifat Urutan
Indikator 1: Membandingkan dua bilangan cacah (maksimal tiga angka)
Contoh:

Operasi
Indikator 1: Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).
Contoh:
Bermain layang-layang

1. Bagas, Dika, dan Erwin sedang bermain layang-layang bersama teman-temannya. Mereka menerbangan layang-layang dengan ketinggian yang berbeda-beda.
Apa yang harus dilakukan agar layang-layang Erwin berada pada posisi tertinggi?
a. Bagas menurunkan layang-layangnya 25 meter.
b. Dika dan Erwin sama-sama menaikkan 20 meter.
c. Bagas dan Dika sama-sama menurunkan 20 meter.

2. Dika ingin layang-layangnya ada pada posisi paling tinggi, sedangkan layang-layang Erwin ketinggiannya berada di antara layang-layang Bagas dan Dika. Pilihlah kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan!
  • Layang-layang Bagas diturunkan 18 meter
  • Layang-layang Dika dinaikkan 25 meter
3. Kolam Mandi Bola
Fani dan Andi memiliki bola plastik warna warni untuk mengisi kolam mandi bola masing-masing.
Fani memiliki:
  • 120 bola warna kuning 
  • 156 bola warna merah
  • 62 bola warna hijau 
Andi memiliki banyak sekali bola warna hijau. Fani ingin setiap warna bola memiliki jumlah yang sama. Ia akan menukar bola miliknya kepada Andi. Jika masih kurang, ia akan membeli lagi.
Apa yang harus dilakukan Fani?

Indikator 2Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. (Setara dengan skip counting).
Contoh:

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Bangun Geometri
Indikator 1Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran.
Contoh:

TANGRAM

Apakah kamu pernah bermain tangram?
Tangram adalah sebuah permainan teka-teki transformasi. Permainan ini terdiri dari tujuh keping potongan (tan). Permainan ini bertujuan untuk membentuk pola tertentu menggunakan ketujuh potongan. Ketujuh potongan tersebut tidak tumpang tindih.
Sumber: (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tangram)

Ketujuh tan dalam tangram di atas adalah 

  1. Persegi berwarna kuning
  2. Dua segitiga siku-siku sama kaki dengan ukuran yang sama berwarna biru tua dan coklat
  3. Dua segitiga siku-siku sama kaki dengan ukuran yang sama berwarna oranye dan hijau
  4. Jajar genjang berwarna biru
  5. Segitiga siku-siku berwarna oranye

Potongan-potongan tersebut biasanya diletakkan pada persegi seperti gambar.
Kamu dapat membentuk suatu bangun datar dari gabungan beberapa potongan tangram (tan).

1. Seorang anak akan membuat bangun datar dari potongan tangram. Berilah tanda centang (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang berhubungan dengan gabungan potongan tangram.

PernyataanBenarSalah

Terdapat lima segitiga sama kaki yang mungkin terbentuk

Terdapat dua persegi yang mungkin terbentuk

2. Seorang anak akan membuat bangun datar dari potongan tangram. Berilah tanda centang (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan!
PernyataanBenarSalah

Dari tiga potongan tangram dapat dibentuk menjadi layang-layang.

Dari persegi dan dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil) dapat dibentuk menjadi jajargenjang.

Indikator 2Mengenal balok dan kubus.
Contoh:

Hiasan Aquarium

Berbagai jenis hiasan aquarium, dapat ditemukan diberbagai pasar ikan hias atau toko yang menjual berbagai jenis ikan hias dengan perlengkapannya. Berikut gambar aquarium beserta ukurannya yang dapat ditemukan di pasar ikan hias.

Supaya lebih menarik pengrajin hiasan aquarium memberi stiker pada bagian atas aquarium Pemberian stiker seperti pada gambar di atas.

Perbedaan pemberian stiker pada aquarium berbentuk balok dan kubus adalah ….

a. Panjang stiker untuk akuarium A dan B sama

b. Pada akuarium A kebutuhan stiker untuk setiap sisi sama

c. Pada akuarium B kebutuhan stiker untuk setiap sisi sama

Pengukuran
Indikator 1Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter).
Contoh:

Belajar di Kelas Jarak Jauh (On-Line)

Karim tidak pernah terlambat pada pembelajaran jarak jauh. Ia selalu mengikuti seluruh jadwal kegiatan belajar tanpa ada yang terlewat.

1. Kegiatan apa yang dilakukan Karim pada pukul 08.15?

a. Belajar di kelas online

b. Istirahat

c. Mengerjakan tugas

d. Selesai mengerjakan tugas

2. Pernyataan mana saja yang benar untuk waktu kegiatan yang dilakukan Karim? Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

a. Karim belajar di kelas online selama 2 jam 15 menit

b. Karim istirahat selama 15 menit

c. Karim mengerjakan tugas selama 45 menit

3. Tiga puluh menit setelah mulai mengerjakan tugas, terjadi gangguan internet. Sebelum waktu selesai mengerjakan tugas, internet kembali lancar seperti semula. Lama waktu gangguan internet yang dapat terjadi adalah …. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

a. 10 menit

b. 13 menit

c. 18 menit

4. Berat Peti Kayu Dan Kardus

Perhatikan berat beberapa jenis peti kayu dan kardus berikut!

Pasangkanlah jenis tempat dengan beratnya (dalam kg) berikut ini.

Jenis Tempat

Peti Kayu Tipe I

Kardus Tipe II

Peti Kayu Tipe II

Berat (kg)

0,7

1

2

2,5

ALJABAR
Persamaan dan Pertaksamaan
Indikator 1Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak).

Contoh:

Relasi dan Fungsi (Termasuk Pola Bilangan)
Indikator 1: Mengenali pola gambar atau objek.

Contoh:

RANGKAIAN BANGUN DATAR

Dinda siswa kelas 2. Hari ini ada pelajaran prakarya.
Dinda membuat rangkaian dari 15 buah bangun datar.
Bangun datar tersebut disusun membentuk pola.
Lihatlah pola yang disusun Dinda berikut.
Pada pola berikut, baru 8 bangun datar yang terpasang.

Dinda akan melanjutkan pola di atas. Tentunya, sampai terbentuk rangkaian sesuai rencananya.

1. asangkanlah urutan di sebelah kiri dengan jenis bangun datar di sebelah kanan dengan benar!

Urutan Ke-

9

11

14

Bentuk Bangun Datar

2. Jumlah semua persegi yang digunakan Dinda dalam rangkaiannya adalah ....
a. 9
b. 11
c. 14


 Sumber: https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/asesmen_kompetensi_minimum/view/literasi-matematika

Kamis, 09 Maret 2023

PERTOLONGAN PERTAMA | KEJANG PADA ANAK

Serangan kejang lebih sering diderita pada anak berusia 1 - 5 tahun. Biasanya didahului dengan demam tinggi dan berlangsung beberapa menit. Meski begitu, serangan kejang pada anak tidak bisa dianggap remeh, karena mungkin merupakan tanda penyakit yang lebih serius apabila ada kaku leher.

CARA MEMERIKSA KEMUNGKINAN KAKU LEHER AKIBAT KEJANG

  • Angkat kepala anak.
  • Apabila ada kaku leher, maka badan anak akan ikut terangkat. hal ini berarti menandakan adanya penyakit di selaput otak.
  • Apabila menemukan kasus ini, segera bawa penderita ke Puskesmas/Rumah Sakit.

TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA 

  • Lindungi lidah penderita dengan meletakkan kayu/sendok yang dibungkus sapu tangan di mulutnya.
  • Kompres kepala dan badannya dengan air suam-suam kuku untuk membantu menurunkan panasnya.
  • Buka semua pakaiannya.
  • Letakkan kepala agak miring untuk menjaga agar jalan napas tidak kemasukan lendir atau muntahan.
  • Berikan Stesolid rectal (Diazepam) melalui dubur (dengan resep dokter).
  • Bila BB<10 Kg, berikan Stesolid Rectal 5 mg dan BB>10 Kg, berikan Stesolid Rectal 10 mg.
  • Ulangi setiap 15 menit bila kejang belum berhenti.



PERTOLONGAN PERTAMA | DIARE

Diare adalah merupakan suatu keadaan buang air besar yang encer/cair lebih dari 3 kali sehari. Biasanya diare paling sering menyerang anak-anak, terutama di bawah usia 6 bulan sampai 2 tahun.

A. TANDA/GEJALA DEHIDRASI

  • Mata terlihat cekung
  • Mulut & lidah terasa kering
  • Sering merasa haus
  • Kencing sedikit bahkan tidak kencing
  • Bila kulit dicubit tidak segera kembali ke keadaan semula
  • Denyut nadi sangat cepat.

PERINGATAN
Hati-hati!!! Diare sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi), sehingga sering menyebabkan kekurangan gizi bahkan kematian.


B. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA

  • Berikan cairan (oralit, sup, tajin, air putih matang, ASI) kepada penderita lebih banyak dari biasanya.
  • Apabila usia penderita kurang dari 6 bulan dan hanya mendapat ASI berikan larutan oralit atau air putih masak sebagai tambahan ASI.
  • Apabila usianya 6 bulan atau lebih dan sudah mendapat makanan padat, berikan juga bubur atau atau makanan dari tepung yang dicampur dengan kacang-kacangan, sayuran daging atau ikan, dll, sari buah segar atau pisang yang dihaluskan.
  • Makanan diberikan sedikit demi sedikit tetapi sering (paling kurang 6 kali sehari).
  • Beri makanan ekstra setiap hari selama dua minggu setelah diare berhenti.
  • Apabila dalam tiga hari tidak kunjung membaik, bawa segera ke Puskemas/Rumah Sakit.





PERTOLONGAN PERTAMA | PINGSAN

A. GEJALA/TANDA

Umumnya orang yang pingsan mengalami:

  • Pusing
  • Mual, perasaan limbung
  • pandangan berkunang-kunang dan telinga berdenging
  • Cemas
  • Keringat dingin
  • Tidak ada respon untuk beberapa menit
  • Denyut nadi melambat

B. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA

  • Baringkan penderita (tanpa bantal) dengan tungkai ditinggikan
  • Longgarkan pakaian
  • Beri ruang cukup agar penderita dapat menghirup udara segar
  • Periksa adanya kemungkinan cedera lainnya
  • Selimuti tubuh penderita supaya hangat
  • Bila penderita telah pulih, usahakan penderita beristirahat beberapa menit
  • Bila tidak cepat pulih, segera bawa penderita ke puskesmas/rumah sakit terdekat.